Saham Tirta Mahakam | Keadaan dan Prospek Cukup Berat

Saham Tirta Mahakam menjadi hit di forum-forum. Terutama karena pergerakan harga sahamnya yang cukup fluktuatif. Naik turunnya cukup tajam. Kodenya di bursa TIRT. Emiten ini seringkali menyedot perhatian.

Oleh sebab itu kami akan mengulas profil saham Tirta Mahakam, mulai dari analisa fundamental, analisa teknikal, rekomendasi dari kami, hingga riwayat harga yang dimilikinya. Harapan besar kami bisa menjadi salah satu pertimbangan calon investor.

PT. Tirta Mahakam Resources Tbk

PT Tirta Mahakam Resources Tbk berdiri sudah cukup lama, sekitar 1981. Kemudian memulai aktivitas komersial pada 1983. Pabriknya di Samarinda Kalimatan Timur. Bisa dikatakan ini adalah perusahaan yang cukup berpengalaman.

Tirta Mahakam bergerak khusus di bidang industry dan penjualan kayu lapis, serta produk yang identik dengan hal tersebut. Perkayuan. Di bursa emiten dengan sektor ini tidaklah banyak. Di antaranya adalah (KAYU).

Pemegang Saham Tirta Mahakam

Mengutip website resminya, per Desember 2020, pemegang saham Tirta Mahakam yang paling dominan adalah PT Harita Jayaraya yang mengempit hingga 81.17%, cukup dominan sekali. Sedangkan sisanya masyarakat yang mencapai 18.61%.

Ada juga yang lain KUD Budi Rahayu, kemudian Koperasi Karyawan Tirta Mahakam. Masing-masing tidka lebih dari satu persen. Menurut kami cukup ideal. Masih ada yang pegang saham ini dengan nilai cukup besar.

Fundamental Saham Tirta Mahakam

Untuk melihat lebih jauh kualitas perusahaan ini, apakah layak menjadi objek investasi, atau patut dipertimbangkan, maka kita analisa fundamental saham Tirta Mahakam. Kami ambil data dari IPOT dalam tiga tahun terakhir.

 TahunLaba
2018-36.5 B
2019-51.7 B
2020-414.4 B
2021*-100.4 B

Tahun 2021 hanya tersaji satu semester. Menurut kami data yang tersaji ini cukup mengkhawatirkan. Di tahun 2018, bisa dikatakan adalah tahun normal, tidak seperti 2020 yang mulai dihantam badai covid-19. Namun sudah mengalami kerugian yang cukup dalam.

Bahkan nilai ROE di tahun 2018 minus sampai 41.7 %, tahun setelahnya lebih besar lagi. Oleh sebab itu patut diperhatikan. Yang lebih menarik lagi adalah sisi hutangnya. Kami sajikan rasio DER dalam tabel bersumber dari IPOT.

TahunDER
20189.55
201923.92
2020-2.01
2021*-1.62

Dalam aspek hutang  saham Tirta Mahakam juga lebih mengkhawatirkan. Kriteria kami untuk objek investasi, maksimal rasio DER di angka 2. Ini sudah jauh lebih besar. Baca rasio DER yang bagus di sini. Bahkan emiten ini memiliki notasi khusus dari BEI.

Dari cnbcIndonesia.com, saham Tirta Mahakam merupakan salah satu perusahaan yang diberi notasi khusus dengan ekuitas negatif. Artinya hutangnya lebih besar dari asset yang dimiliki. Bahkan cash yang dimiliki hanya 6 milyar, sedangkan hutangnya ratusan. Menurut kami sangat mengkhawatirkan.

saham tirta mahakam
pixabay.com

Riwayat Harga Saham TIRT

Harga saham TIRT juga mengkhawatirkan. Hal ini karena naik turunnya sangat tajam sekali. Transaksinya aktif, tapi transaksinya sulit dibaca. Contoh pada 24 September 2021, saham berangkat dari harga Rp75, tapi kemudian naik hingga Rp90, kemudian justru dibanting sampai Rp63.

Jadi bagi yang ingin masuk di saham ini lebih baik pertimbangkan seribu kali. Kami juga tidak bisa memberikan harga secara psikologis, karena dalam lima tahun terakhir harganya terus menukik, bahkan satu tahun ini berada di Rp50, uget-uget sedikit, Rp50 lagi.

Biasanya model pergerakan seperti ini tanda yang investasi lama ingin keluar. Memancing ritel masuk untuk membeli, agar saham yang lama bisa terjual.

Prospek Saham TIRT ke Depan

Bisa dikatakan bisnis olahan kayu sedang menghadapi cobaan yang sangat berat. Meskipun jarang menjadi pemberitaan, tapi sebenarnya cukup tertekan, terutama karena imbas pandemi yang tidak kunjung berakhir.

Hal ini tercermin dari laporan keuangan saham Tirta Mahakam. Sebelum covid saja sudah babak belur, apalagi selepas covid-19. Bisa dikatakan menjadi salah satu usaha yang bangkitnya membutuhkan waktu lebih.

Terutama karena beban hutangnya yang sangat besar. Tidak hanya persoalan eksternal, tapi juga internal. Sehingga emiten berkode TIRT ini memiliki persoalan yang cukup kompleks. Kami melihat prospek saham Tirta Mahakam ke depan belum menggairahkan.

SahamHijau.com

Rekomendasi Kami

Kalau kami tidak merekomendasikan saham ini, wait and see saja. Keadaan perusahaan sedang cukup berat. Dari banyak aspek. Jarang ada berita yang beredar dari perusahaan ini. Sehingga minim sentimen yang bisa menggerakkan saham.

Jika Anda ingin perusahaan sejenis, di bidang industri olahan kayu, menurut kami ada emiten lain yang masih bisa dipertimbangkan. Seperti KAYU. Semoga analisa saham Tirta Mahakam dari kami bisa menjadi pertimbangan awal sebelum berinvestasi. Website resmi perusahaan bisa dikunjungi di sini.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Copas Ya