Saham WOMF bisa dikatakan kurang dikenal di sektor keuangan. Kalah dengan nama-nama seperti ADIRA, atau pembiayaan yang lain. Padahal menurut kami banyak sisi yang bisa dijadikan alasan investasi.

Oleh sebab itu kami akan jelaskan saham WOMF dari beragam sisi. Terutama kelebihan dan kekurangannya berdasarkan pengamatan, analisa data, dan beragam aspek lainnya yang bersifat subjektif.

Profil WOM Finance

Nama lengkapnya adalah PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk, atau lebih dikenal dengan WOM Finance. Fokusnya adalah pembiayaan kendaraan, baik roda dua atau roda empat.

Nah yang menarik adalah, lebih fokus lagi pada pembiayaan motor Honda yang menjadi idola konsumen roda dua di Indonesia. Di samping itu juga menerima motor Jepang seperti Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki.

Di tahun 2005, Maybank masuk dan mengakuisisi saham perseroan hingga mencapai 43%. Bahkan pada saat tulisan ini dibuat, porsi Maybank mencapai 67.49%. Porsi yang cukup dominan.

Di sisi lain juga ada nama PT Wahana Makmur Sejati sebagai pemegang saham dengan porsi mencapai 25%. Di mana perusahaan ini adalah distributor sepeda motor Honda. Jadi sudah sangat klop dalam ekosistem pembiayaan Honda.

Kelebihan Saham WOMF

Menurut kami ada beberapa kelebihan dari saham WOMF. Yang paling pertama adalah fokusnya pada pembiayaan motor Honda. Padahal Honda adalah motor yang sangat dominan di Indonesia.

Bahkan Kompas.com pernah memuat berita bahwa Honda dipunyai oleh 7 dari 10 orang Indonesia. Sedangkan pasar motor selalu berkembang terus dari waktu ke waktu.

Sisi positif lain dari pembiayaan motor adalah, orang Indonesia suka gonta-ganti motor. Di desa saja kalau ada motor baru dari Honda langsung ganti dengan model cicilan. Secara usaha prospeknya bagus.

Valuasi Saham Murah

Kelebihan saham WOMF yang kedua adalah valuasinya murah di saat tulisan ini dibuat. Harga saham Rp258. Mari kita lihat dari banyak sisi rasio. Pasti kita sebagai pemula pun akan mengatakan murah.

PBV0.63x
PER5.49x
PSR0.63x

Dengan PBV di bawah angka satu, dan PER di bawah 6, tentu ini murah sekali. Bahkan dibanding sales yang diraih pun, masih sangat murah. Bisa dibandingkan dengan sektor sejenis di bursa. WOMF masih oke.

saham womf

Kinerja Bagus

Unsur kelebihan dari saham WOMF yang berikutnya adalah profit yang tergolong bagus. Di tahun 2022, hingga kuartal III, angkanya seperti yang tertera di tabel berikut ini.

OPM32.39%
NPM11.44%
ROE11.44%
ROA2.96%

Tentu melihat saham dengan profi demikian, kita bisa menyimpulkan bahwa WOM Finance telah berhasil membukukan kinerja yang cukup bagus. Sehingga pemilik saham mayoritas memiliki porsi yang cukup besar.

Dividen Rutin Saham WOMF

Berikutnya dari kelebihan saham WOMF adalah dividen yang diberikan rutin, kecuali jika terjadi hal-hal tertentu. Bisa dilihat dari data yang kami kutip dari RTI berikut ini.

2022 (DPS 29.69%)Rp9.5 (Yield 3.68%)
2020 (DPS 29.87%)Rp22.4 (Yield 9.49%)

Tampak dari data di atas bagaimana DPS tetap, tapi nilainya cukup besar tergantung dari harga saham ketika itu. Apalagi jika harga saham semakin turun, maka yield dividen akan semakin besar.

Kelemahan Saham WOMF

Meskipun demikian, tentu ada juga kekurangan saham WOMF versi kami. Yang pertama adalah sahamnya cenderung memiliki fluktuasi yang lumayan. Naik turunnya bisa tidak terduga.

Sebagai contoh di bulan Maret 2022, sahamnya dari dua ratusan langsung naik hampir empat ratus. Tapi setelahnya juga jeblok lagi ke nilai Rp270-an. Jadi perlu hati-hati.

Salah satu penyebabnya adalah kapitalisasi pasar saham ini yang begitu kecil. Tergolong lapis tiga. Di harga Rp258, hanya sebesar 898 milyar saja. Big money masuk sedikit ke saham ini bisa langsung terbang.

Harga Saham Stagnan

Kalau ditarik garis selama tiga tahun, harga saham WOMF berada pada rentang Rp230 sd Rp270. Menurut kami salah satu penyebabnya adalah yield dividen. Semakin turun banyak yang ingin membeli.

Tapi semakin naik yield dividen menjadi semakin kecil. Jadi kalau berharap kenaikan secara konsisten, sepertinya jangan berharap banyak. Saham ini tipenya untuk penikmat dividen.

Bergantung Penjualan Motor

WOM Finance sangat bergantung dengan kondisi ekonomi nasional. Ekonomi bagus, penjualan motor bagus. Ekonomi jelek penjualan motor juga jelek. Dengan kata lain sangat bergantung pada penjualan motor terutama Honda.

Mungkin inilah kelebihan dan kekurangan saham WOMF yang bisa diuraikan. Kurang lebihnya sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan kebijakan investasi yang Anda miliki. Website resmi WOMF di sini.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Copas Ya