9 Sektor Perusahaan di BEI dan Contohnya

Sektor perusahaan di BEI harus kita ketahui. Apalagi jika Anda investor jangka panjang, pasti sering memilah perusahaan di satu sektor, kemudian screening yang paling valuable. Oleh sebab itu kita harus meneliti baik-baik.

Kami akan jelaskan sektor utama perusahaan di BEI, kemudian sub sektornya, serta kami berikan contohnya masing-masing agar bisa lebih memahami bagaimana pergerakan sahamnya.

Fungsi Sektor Perusahaan di BEI untuk Investor

Kenaikan dan penurunan saham selalu berbasis trend. Trend ini akan menyelimuti sebuah sektor. Contohnya harga batu bara sedang naik to the moon. Maka pergerakan saham sektor pertambangan agar bergerak naik bersamaan.

Oleh sebab itu Anda harus tahu saham di sektor pertambangan yang memiliki kemungkinan naik paling tinggi. Anda harus memilahnya. Kalau tidak, maka Anda tidak bisa menikmati trend tersebut. Bahkan bisa jadi yang lain cuan, Anda malah ambrol.

Sektor Utama di BEI

Di bursa efek Indonesia, ada tiga sektor utama sebelum memecah ke 9 sektor lainnya. Ketiganya merupakan sektor induk bagi banyak perusahaan.

Pertama adalah sumber daya alam. Jadi banyak perusahaan di BEI yang fokus pada dua aspek ini, mengeruk sumber daya alam sebelum mengolahnya. Bisa hanya mengambil dari alam seperti batu bara, atau harus menanamnya seperti pertanian.

Kedua adalah manufaktur. Manufaktur adalah sebuah industri atau usaha yang menjalankan alat, bisa mesin, dan tenaga kerja dalam mengolah bahan baku atau komponen untuk diubah menjadi barang yang langsung ke konsumen dan layak jual. Contoh otomotif.

Ketiga adalah jasa. Kalau jasa pasti tahu, yaitu layanan atau aktivitas yang mebuat interaksi aktif dengan konsumen atau barang yang dimiliki konsumen, tapi tidak berubah hak kepemilikan. Contoh jasa transportasi. Jasa keuangan. Dan lainnya.

9 Sektor Perusahaan di BEI

Kini giliran apa saja sembilan sektor perusahaan di BEI. Dari sektor yang utama yaitu sumber daya alam, di bawahnya ada dua sektor, yaitu pertambangan dan pertanian.

Sektor Pertambangan di BEI

Sektor pertambangan di BEI dikenal sebagai sektor yang fluktuasinya lumayan. Terutama dengan sifat mengikuti harga komoditas tersebut. Di antaranya adalah pertambangan batu bara, minyak dan gas bumi, logam dan mineral lainnya.

Saham di sektor pertambangan di antaranya adalah BUMI, saham sejuta umat yang punya cerita membuat kaya dan membuat miskin banyak orang.

Sektor Pertanian di BEI

Yang kedua adalah sektor pertanian. Paling banyak terkait sawit. Namun sebenarnya sektor pertanian di BEI mencakup perkebungan, peternakan, perikanan, kehutanan, dan pertanian lainnya.

Contoh saham sektor pertanian yang cukup terkenal adalah Astra Agro Lestari, atau kodenya AALI. Ini merupakan saham ASTRA Grup. Namun sayangnya sektor perusahaan di BEI yang satu ini menurut kami tergolong sepi dalam perdagangan, paling yang terkait CPO.

Selanjutnya adalah beberapa saham di bawah sektor manufaktur. Yaitu sektor yang cukup ramai. Perusahaan di sini cukup banyak. Yang pertama adalah Industri Dasar dan Kimia.

Industri Dasar dan Kimia

Maksud dari industri dasar dan kimia di BEI adalah usaha pengubahan dari materi mentah menjadi materi setengah jadi yang nantinya akan diolah lagi. Contoh semen, keramik, pakan ternak, dan lain sebagainya. Intinya masih dipakai dalam industri yang besar lagi.

Sedangkan kimia adalah pengolahan bahan-bahan yang bersifat kimiawi, di mana nantinya akan dipakai kembali untuk produksi seperti deterjen, atau farmasi seperti obat-obatan. Contohnya di sektor ini adalah Indocement Tunggal Prakasa atau INTP, website resminya bisa dikunjungi di sini.

Sektor Aneka Industri

Masih dari sektor manufaktur, yaitu aneka industri. Sektor ini dikenal sebagai perusahaan pembuatan mesin berat atau ringan. Di dalamnya termasuk komponen penunjang. Sub sektornya adalah mesin dan alat berat.

Ada otomotif dan komponennya, tekstil, elektronika, serta aneka industri lainnya. Di sektor ini contohnya adalah AUTO, yaitu Astra Otoparts. Kami sudah pernah membahas tentang kelebihan emiten ini di sini.

Consumer Goods

Sektor ini berada di bawah manufaktur. Consumer Goods dikenal sebagai perusahaan yang melakukan pengolahan barang setengah jadi, atau bahan dasar menjadi produk yang dapat dikonsumsi oleh personal atau rumah tangga. Maka disebut sebagai barang konsumsi.

Contoh paling terkenal dari sektor ini adalah Unilever. Karakter saham di perusahaan ini adalah naik turunnya pelan-pelan. Tapi biasanya sektor perusahaan di BEI yang satu ini stabil naik. Bisa untuk investasi jangka panjang. Hanya saja di tahun 2021 Unilever sedang banyak dijual oleh investor.

Properti, Real Estate dan Konstruksi Bangunan

Sektor berikutnya di bawah induk sektor jasa. Yaitu sektor properti, real estate dan konstruksi bangunan. Sektor ini dikenal memiliki banyak perusahaan. Bahkan ada sektor kontruksi yang khusus milik BUMN. Bisa dibaca di sini. Kami sudah mengulas mana yang bagus, dan mana yang payah.

Contoh kongkrit dari sektor ini adalah TOTL, kemudian Waskita, ADHI, bisa dikatakan cukup padat. Anda bisa memiliki banyak pilihan.

sektor perusahaan di bei

Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi

Masih dari sektor induk jasa, yaitu sektor Infrastruktur, utilitas, dan transportasi. Intinya dari sektor ini adalah usaha dalam energi, sarana telekomunikasi atau transportasi, dan bangunan penunjang lain seperti tol.

Di sektor ini contohnya adalah Bali Tower, ada juga LINK, dan banyak lainnya. Bisa dikatakan sektor ini memiliki perkembangan yang cukup baik, salah satunya karena Indonesia masih terus berkembang dalam pembangunan. Ini sektor perusahaan di BEI yang biasanya memiliki capital gain lumayan.

Sektor Perusahaan Keuangan

Sektor ini pasti sudah memahami, intinya mengelola keuangan. Ada perbankan, ada juga asuransi, ada lagi yang lain pembiayaan kredit seperti Adira Finance. Serta beragam jasa keuangan lainnya yang juga banyak di bursa efek Indonesia. Ini sektor perusahaan di BEI yang biasanya rutin membagikan dividen.

Perdagangan, Jasa dan Investasi

Terakhir adalah perdagangan jasa dan investasi. Ini sektor jual beli baik kecil atau besar, juga jasa-jasa lain seperti percetakan, kesehatan juga masuk sektor ini, kalau investasi contohnya adalah Saratoga Investama Sedaya Tbk.

Inilah sembilan sektor perusahaan di BEI dan contohnya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi pertimbangan dalam berinvestasi di pasar modal dan meraih keuntungan yang maksimal.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Copas Ya