Seluk Beluk IPO Saham | Pengertian Risiko dan Keuntungan

Seluk beluk IPO saham wajib dimengerti para investor di pasar modal. Pengetahuan menegani IPO dapat membantu Anda dalam meraih keuntungan yang mana sewaktu – waktu dibutuhkan. 

Oleh sebab itu kami akan membahas seperti pengertian IPO saham, tujuan IPO perusahaan, keuntungan membeli saham IPO, contoh perusahaan IPO yang kami rangkum dari beragam sumber. 

Pengertian IPO Saham

Sebelum memahami seluk beluk IPO saham, kita harus mengetahui pengertian IPO saham. Secara singkat, IPO adalah suatu kondisi dimana perusahaan memutuskan menjual sahamnya ke publik untuk pertama kali. 

Sehingga seringkali perusahaan yang sudah IPO disebut dengan terbuka, karena semua pemegang saham mengetahui jeroannya dari laporan keuangan yang dipublikasikan rutin sesuai dengan ketentuan. 

Apa Itu IPO | Arti IPO

Arti IPO adalah Initial Public Offering atau sebuah penawaran saham perdana dari perusahaan kepada publik di Bursa Efek Indonesia (BEI). Istilah yang digunakan untuk perusahaan itu adalah Go Public dan disebut sebagai perusahaan yang mulai menghimpun dana dari masyarakat atau publik.

Jika ada suatu perusahaan mengumumkan ingin melakukan Go Public, maka itu berarti sebelumnya ia adalah perusahaan private dimana para pemegang saham hanya pada orang – orang tertentu saja. 

Atau jika Anda ingin tahu jadwal saham IPO bisa melihat di PT Bursa Efek Indonesia. Caranya cukup dikunjungi websitenya di link ini.

Kelebihan Emiten Go Public

Seluk beluk IPO saham akan lebih enak jika kita juga mengetahui kelebihan dan kekurangan dari perusahaan yang memutuskan untuk Go Public atau menjadi perusahaan terbuka. 

Sisi positifnya ialah perusahaan mendapatkan lebih banyak dana yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnisnya. Dana – dana tersebut juga bisa dugunakan untuk melunasi hutang dan sebagai investasi. 

Tidak hanya masalah dana, perusahaan yang memutuskan untuk Go Public juga akan memberikan pengaruhnya terhadap reputasi dan kredibiltas perusahaan itu sendiri.

Kekurangan Emiten Go Public

Sedangkan sisi negatifnya ialah perusahaan tersebut memiliki risiko dan keterbutuhan dana yang tinggi. Proses hukum tidak semudah memotong kue, belum lagi kinerja perusahaan yang dapat berimbas pada harga saham. Pemilik bisnis harus bekerja lebih keras pada masa – masa transisi seperti ini. 

Tujuan Perusahaan Melakukan IPO

Informasi terkait seluk beluk IPO saham tentu juga membahas mengenai tujuannya. Perusahaan yang memutuskan untuk IPO atau Go Public memiliki beberapa tujuan, salah satunya ialah untuk mendapatkan tambahan modal dengan mudah. Hal ini memang benar adanya dan merupakan tujuan utama dari banyak perusahaan. 

Selain perihal modal atau dana, perusahaan yang memutuskan untuk Go Public memiliki tujuan meningkatkan nilai dan citra perusahaan menjadi semakin baik di mata masyarakat. Dengan begitu, bisnis dapat berjalan semakin lancar dan memberikan keuntungan yang lebih. 

Cara Menilai Perusahaan IPO

Bagaimana cara kita dalam menilai perusahaan IPO? Hal ini berguna jika anda tergoda dalam membeli saham IPO yang mana biasanya masih memiliki harga yang murah. 

Langkah pertama yang harus dilakukan ialah mengetahui tujuan perusahaan dalam melakukan IPO. Selain dari tujuan yang sudah kami sebutkan, ada banyak tujuan lainnya di luar sana.

Selain tujuan, anda juga harus memahami hal–hal fundamental perusahaan tersebut. Misalnya mempelajari peta kompetisi, laporan keuangan, kinerja keuangan dan lain sebagainya. 

Hal ini membutuhkan usaha lebih karena mencari informasi mengenai perusahaan yang baru Go Public tidak semudah mencari perusahaan yang sudah lama dikenal. Bisa baca cara analisa lebih dalam di sini. 

Menilai perusahaan IPO juga perlu melihat jumlah saham yang dibagi ke publik. Hal ini juga menentukan apakah likuiditas perusahaan tersebut bagus atau tidak. Anda juga perlu mengecek rekam jejak underwriter, jika jasa underwriter memiliki rekam jejak yang kurang atau buruk maka anda perlu berhati – hati dalam berinvestasi di perusahaan tersebut. 

seluk beluk ipo saham

Keuntungan dan Risiko Membeli Saham IPO

Ada keuntungan dan risiko membeli saham IPO. Di antaranya Anda dapat bersantai bila membeli saham IPO karena bersifat longgar dan harga sudah ada patokannya. 

Sangat berbeda dengan kondisi saham di bursa pada umumnya yang mana Anda menentukan sendiri ingin membeli saham di harga berapa. Kemungkinan meraih keuntungan banyak juga tinggi, hal ini dikarenakan saham ditawarkan pada saat kondisi bullish yang akan naik pada saat pembukaan.

Ada keuntungan pastinya juga ada risiko dalam membeli saham IPO. Dalam pembelian saham IPO, jumlah lot sudah ditentukan oleh penerbit sehingga kita tidak bisa membeli sesuai keinginan. 

Umumnya saham IPO menjadi objek dari pemain besar untuk dijadikan saham gorengan. Bisa jadi akan naik terus menerus, bisa jadi naik sebentar kemudian dijatuhkan berkali-kali. Hati-hati ya. 

Demikian beberapa informasi mengenai seluk beluk IPO saham yang dapat kami sampaikan kepada Anda. Semoga dengan informasi ini pengetahuan anda menjadi lebih bertambah dan semakin siap dalam berinvestasi di pasar modal.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *