Saya terjun di pasar modal sejak 2019, saat di mana IHSG sangat bergejolak. Naik turun tidak menentu. Waktu itu perang dagang Amerika dan China tidak pernah mereda, dihantam lagi dengan kasus covid-19. Bayangan pasar modal yang melahirkan keuntungan sangat jauh dari pandangan.

Di tahun itu media sosial pasar modal, stockbit, facebook, rata-rata mengumpat-umpat. Segala sumpah serapah dikeluarkan. Ada yang bilang hilang uang seharga NMAX baru lah, dan lain sebagainya. Hehehe. begitulah.

Tapi justru karena itu pula saya mendapatkan banyak pelajaran. Grup rekomendasi ini dan itu tidak pernah tepat. Analisa teknikal yang membingungkan juga jeblok. Saya setiap hari kerjaannya hanya menikmati grafik, melihat pergerakan seperti melihat siput. Ternyata menarik. 

Ingin Berbagi Dunia Saham

Karena saya basisnya seorang penulis, saya ingin membagikan pengalaman. Siapa tahu juga dapat rizki dari website ini, hahaha, untuk akumulasi saham hijau lainnya. Saya tidak punya teknik khusus, hanya ingin bagi pengalaman saja.

Terutama berkaitan dengan setiap saham yang ternyata memiliki sifat sangat berbeda antara satu dan lainnya. Jangan samakan UNTR dengan PTBA, meski sektornya sama, tapi cara masuk dan keluarnya beda. 

Tapi kami bukanlah trader harian atau mingguan. Investor jangka panjang banget juga bukan. Paling panjang dua tahun. Hehehe. Indonesia bukan seperti Amerika, sifatnya berbeda. Maka tidak bisa disamakan. Di sinilah sisi menarikanya. 

Kami juga bukan bandar. Nilai portofolio kami hanya puluhan juta, kemudian naik ke ratusan juta. Orang menyebut investor receh. Hanya saja kami merasa cocok berada di dunia saham. Dunia yang penuh dengan kesabaran, seperti dunia tulis menulis. 

Kompetensi Kami

Kami tidak menguasai teknikal, sama sekali. Hanya saja kami menggunakan analisa histori saham. Grafis dalam jangka waktu tertentu. Tidak detil satu hari ada palu gada dan lain sebagainya, kami awam. 

Kami juga tidak terlalu mahir menganalisa laporan keuangan, tapi bisa membaca. Hal-hal urgen dalam laporan keuangan bisa terbaca. Apalagi sekarang banyak aplikasi dan website yang mampu menyajikan tabel dengan lebih mudah. 

Kompetensi kami hanya membaca situasi. Menurut kami itu. Sehingga bisa sedikit menebak masa depan. Caranya, kami membaca banyak berita dan koran. Inilah yang jarang dilakukan orang. Contoh, ketika kami akumulasi BEST, kami tahu kawasan industri akan hit. 

Indikatornya mudah kok, omnibus law lagi dibahas. Kamipun pindah ke KIJA yang belum naik. Hit lagi di medio September 2020 seingat kami. Inilah yang akan kami berikan. Oleh sebab itu kami tidak akan memberikan rekomendasi harian. 

Kami akan berikan rekomendasi semester, dan tahunan, bukan mingguan atau harian. Bagi kami turun 5% adalah hal yang biasa. Saham gorengan juga bukan hal yang aib tanpa melupakan fundamental. Jika ada salah, wajar, namanya juga prediksi. Wwkwkwkw. 

Menu Kami

Kami memiliki beberapa menu, ada yang berbayar ada yang gratis ya. Namanya juga usaha.

Edukasi Saham

Menu ini berbayar, karena isinya pengalaman kami yang menghasilkan keuntungan dan kerugian agar tidak ditiru. Sebenarnya isinya seperti buku. Tapi dipenuhi dengan link-link agar mudah dipelajari. 

Kami gunakan bahasa-bahasa yang mudah, sehingga tidak menyulitkan siapa saja untuk belajar meskipun awam. Karena kami juga masih proses belajar. Istilah-istilah sulit sudah kami singkirkan.

Rekomendasi Saham

Rekomendasi saham yang kami berikan adalah berdasarkan prospek pada masa tersebut dengan pertimbangan keadaan yang mengelilinginya. Tentu rekomendasi yang kami berikan sangat subjektif.

Catatannya, untuk rekomendasi saham kami menggunakan waktu tidak harian atau mingguan, tapi lebih kepada semester atau tahun. Jika Anda mengikuti rekomendasi kami, artinya harus dipegang dalam jangka waktu yang tidak sebentar.

Analisa Saham

Analisa saham yang kami berikan adalah selalu berbasis dua hal, fundamental dan histori saham. Adapun analisa lainnya kami campurkan. Kami berusaha objektif memberikan analisa dari baik dan buruknya saham tersebut.

Inspirasi Investor

Kita pasti ingin meniru sosok-sosok para investor yang sudah matang. Kami akan menuliskan inspirasi gagal atau sukses dari mereka. Harapannya bisa menjadi bahan pembelajaran dan motivasi bagi kita semua.

Berita Berpengaruh

Kami bukan kantor besar, maka berita-berita yang kami sajikan adalah berita yang paling berpengaruh secara jangka panjang dan akan mempengaruhi harga saham dalam jangka waktu tertentu. 

Selamat menikmati. SahamHijau.com

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *