Strategi Beli Saham Menurut Analisa Teknikal

Strategi beli saham memang sangat banyak. Tapi ada satu tips sederhana khususnya berkaitan dengan analisa teknikal. Strategi ini ilmu dasar yang menurut sahamhijau.com aliran apapun harus mengetahuinya.

Kami membuat artikel ini setelah membaca sahamtalk, kami juga kombinasikan dengan pengalaman yang sudah kami rasakan selama beberapa tahun sejak 2019 di pasar modal. Harapan besar bisa menjadi bahan pembelajaran.

Sekilas Analisa Teknikal

Analisa teknikal merupakan sebuah penilaian prediksi saham dengan mempertimbangkan psikologis perilaku pasar. Caranya adalah menggunakan chart sebagai sinyal bahwa harga akan menunjukkan kenaikan atau penurunan.

Biasanya analisa teknikal digunakan oleh para trader saham yang melakukan aksi jual beli dalam jangka waktu yang singkat, bisa harian, mingguan, atau bahkan bulanan. Metode ini dianggap lebih cepat menghasilkan keuntungan.

Bagaimanapun faktanya di lapangan, sahamhijau.com berpendapat bahwa analisa teknikal memang diperlukan bagi penganut aliran apapun. Terutama agar mendapatkan saham dengan harga murah.

Buy on Weakness

Buy on weakness artinya adalah membeli saham ketika berada dalam penurunan namun sudah menyentuh titik support. Jika belum mengerti titik support bisa baca ini.

Metode ini sangat populer dilakukan oleh trader atau bahkan investor sekalipun. Dari metode inilah biasanya muncul kata-kata saham ini sudah murah.

Tinggal ditentukan titik support dalam waktu atau durasi berapa lama. Titik support dalam satu bulan, atau satu tahun, atau bahkan lebih. Pokoknya semakin lama akan semakin bagus.

Metode ini paling sering kami gunakan ketika memutuskan membeli saham dengan catatan ada potensi kinerja membaik, atau memang kinerjanya bagus tapi banyak yang menjual karena sedang koreksi wajar.

Kelemahan strategi beli saham menggunakan metode teknikal yang satu ini adalah durasi sideway. Ketika sudah berada di titik support, biasanya mengalami masa sideway yang bisa jadi sangat lama. Anda harus sabar.

Strategi Buy on Reversal

Teknik berikutnya adalah buy on reversal, atau saham berhasil rebound dari titik support. Jadi kalau yang pertama ketika menyentuh titik support langsung dibeli, namun metode kedua ini berbeda.

Yang kedua menunggu terlebih dahulu ada tanda-tanda pembalikan harga menuju atas. Soalnya kalau tidak ada tanda-tanda bisa jadi turun lebih dalam, atau bahkan akan mengalami sideway dalam jangka panjang.

Biasanya metode ini perlu indicator seperti cup and handle, kemudia head and shoulder, dan masih banyak lagi. Yang intinya dengan metode ini, kita masuk di saat yang tepat karena akan naik.

Kami juga seringkali menggunakan metode yang satu ini meskipun tidak sesering nomor pertama. Alasan kami metode ini ada kelemahan, yaitu dalam aspek bandarmologi.

Terkadang ada yang namanya fake reversal. Di mana secara indikator memang benar menunjukkan pantulan, tapi ternyata itu hanya pancingan Bandar saham dalam menarik ritel yang berikutnya dilakukan distribusi besar-besaran.

strategi beli saham

Strategi Buy on Breakout

Strategi yang ketika adalah Buy on Breakout. Atau membeli saham ketika naik namun mampu menembus batas atasnya, atau biasanya disebut dengan resistance.

Dengan cara ini kita memahami bahwa saham ini akan menemukan titik resistance baru di harga yang lebih tinggi lagi. Karena itulah biasanya ketika saham sudah naik tinggi, masih ada yang berani masuk.

Bagi kami sendiri, sangat jarang, atau bahkan belum pernah melakukan metode ini. Lebih tepatnya kami memiliki ketakutan menggunakan metode ini. Karena yang satu ini ada kelemahan.

Kelemahannya adalah, ketika ternyata gagal naik lagi dari titik yang sudah dijebol, maka penurunannya akan sangat tajam. Karena biasanya ramai-ramai akan mengatakan, gagal untuk mendaki lebih tinggi, maka lebih baik jual. Oleh sebab itu kami lebih cenderung hati-hati.

Intinya setiap metode dan strategi beli saham menurut analisa teknikal yang kami sebutkan di atas, tidaklah sempurna. Hanya saja yang lebih aman adalah nomor satu dan dua jika menurut pengalaman yang kami rasakan.

Adapun jika Anda sudah mahir, strategi membeli saham di atas bisa digunakan semuanya agar bisa meraih keuntungan maksimal. Artikel ini diproduksi oleh sahamhijau.com. Semoga bermanfaat.  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Copas Ya