3 Cara Swing Trading Saham dengan Mudah

Swing trading saham adalah salah satu jenis kiblat dalam metode jual beli saham. Khususnya teknik ini digunakan bagi mereka yang memang berniat untuk menjadi trader saham. Sebuah profesi yang fokus jual beli saham.

Bagi yang ingin tahu bagaimana cara swing trading saham, maka kami akan jelaskan tentang pengertian, dan sedikit panduan berdasarkan pengalaman, dan pengamatan informasi dari beragam sumber yang berhasil kami himpun.

Pengertian Swing Trading Saham

Swing sebenarnya berarti sebuah ayunan. Oleh sebab itu pengertian swing trading saham berarti memanfaatkan dari ayunan naik turunnya saham untuk mendapatkan profit yang optimal.

Adapun swing trading tidak seperti scalper yang atau follow the trend yang penuh risiko. Karena harus loncat sana loncat sini dengan cepat dan penuh ketegangan dalam durasi waktu harian bahkan jam, swing trading memiliki sifat yang lebih slow but sure.

Cara Swing Trading Saham dengan Mudah

Durasi waktu yang ditempuh bisa harian, atau mingguan. Kalaupun sampai bulanan, menurut kami tidak lebih dari satu bulan. Di sinilah kelebihan dari swing trading saham. Secara mental tidak tertekan seperti day trader, tapi secara psikologis juga tidak sebosan investor yang sangat lama.

Keahlian Yang Dibutuhkan Swing Trader

Keahlian yang pertama dibutuhkan bagi swing trader adalah terkait support dan resistance. Yaitu titik terendah dari saham, serta memahami titik tertinggi dari harga saham. Pengetahuan ini sudah kami ulas lengkap di sini.

Yang kedua adalah harus memahami yang namanya moving average. Atau sederhananya pergerakan rata-rata saham dalam jangka waktu tertentu, ada MA5, MA10, MA20, dan MA50. Masing-masing memiliki rahasia yang harus dipelajari dan Anda kuasai. Lebih lengkap tentang moving average bisa dibaca di sini.

Ketiga mengetahui arah trend dan sentimen dari saham. Dari sentiment inilah saham ada generator untuk naik. Swing trader juga membaca dan tahu keadaan meskipun bukan secara jangka panjang.

Keempat adalah pemahaman lebih terkait teknikal saham dan volume transaksi. Ada yang ingin masuk dalam tipe swing trading saham, tapi ternyata tidak mau belajar kerumitan teknikal. Ya, lebih baik jadi investor saham dalam jangka panjang.

Bagi Anda yang memang belum tahu teknikal, tapi ingin menjadi swing trader, saran kami belajarlah lebih giat. Menguasai pola candlestick merupakan hal yang diharuskan bagi swing trader. Karena memahami ayunan grafik saham harus dengan penguasaan candlestick.

Apakah tidak menggunakan fundamental? Swing trading saham masih berpedoman pada fundamental. Kalau ditanya berapa persen, menurut kami 30%. Tetap berpijak, ketika fundamental masih masuk akal, baru perhatikan teknikal.

Perbedaan dengan investor adalah, swing trading tidak mengedepankan PBV atau PER. Tapi bukan berarti tidak melihat sama sekali. Yang penting perusahaan tersebut performanya oke, teknikal bagus, langsung masuk.

Teknik Swing Trading Saham

Setelah Anda menguasai beberapa kemampuan di atas, maka yang paling penting adalah memahami arti swing, yaitu ayunan harga itu sendiri. Anda bisa memperhatikan gambar yang kami sertakan. Bagaimana terlihat naik turunnya harga.

swing trading saham
sumber gambar: hsb.co.id

Di situlah ada istilah swing high dan swing low. Swing high yaitu posisi ayunan ke atas, atau resist dari saham. Swing low adalah posisi di mana terjadi posisi support dari saham. Swing trading saham berarti membeli di swing low dan menjual di swing high.

Bukankah day trader juga demikian. Benar. Tapi ciri-cirinya grafik swing trading tidak menukik tajam ke atas. Naik turunnya lebih halus. Seperti melihat grafik dari saham lapis dua atau yang dikenal dengan second liner serta beberapa blue chip. Tentang saham second liner bisa dibaca di sini.

Kedua adalah durasi waktu. Bisa jadi Anda membeli di swing low yang pertama namun menjual di swing high yang kedua. Atau bahkan menjual di swing high yang ketiga. Sehingga bisa mingguan. Pola seperti ini lebih tenang.

Kelebihan dan Kekurangan Swing Trading

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan swing trading saham. Kelebihan yang utama adalah soal waktu. Anda tidak perlu harus memperhatikan layar perdagangan selama dibukanya IHSG. Bisa dikatakan lebih santai dan lebih tenang.

Kedua, potensi profit yang stabil. Kami sendiri berada di posisi position trader, atau lebih slow lagi dari swing trader. Namun dalam persoalan potensi profit hampir mirip. Yaitu stabil meskipun tidak terlalu tinggi dan risiko lost lebih kecil.

Tapi di sisi lain harus dipahami aspek kekurangannya. Pertama potensi profit tidak secepat follow the trend yang bisa cepat dengan risiko yang super tinggi. Tapi menurut kami ini lebih ideal untuk orang Indonesia yang memiliki rasa sopan santun yang tinggi, hehehe. Kalau ditekan seperti day trader lebih banyak dag dig dug.

Terakhir kekurangannya adalah sesekali kalau berperang dengan kejeniusan bandar kelabakan. Karena kita berbasis teknikal, terkadang tipuan bandar susah dimengerti karena kita tertutup dengan ambisi ingin mendapat profit. Karena bisa jadi harga naik untuk dijatuhkan oleh bandar. Kami pernah menulisnya di sini.

Jika ingin lebih lengkap tentang swing trading, ada website berbahasa inggris yang mungkin Anda ingin memperdalam, ikuti link ini.

Semoga teknik swing trading saham yang kami jelaskan bermanfaat. Yang pasti sesuaikan dengan psikologis Anda. Jangan memaksa swing trading kalau orangnya tidak sabar. Atau memaksa menjadi swing trader kalau ternyata orangnya sangat sabar. Semoga saham Anda selalu hijau.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Copas Ya