Tips main saham harian bukanlah tips yang bisa digunakan oleh semua orang. Hanya orang-orang yang kuat mental, dan psikologi sudah stabil yang bisa memainkan ini. Karena memang harus sangat fokus. Istilah kata, ini menjadi pekerjaan utama.

Kali ini kami akan sharing tips main saham harian berdasarkan pengalaman kami selama ini bermain saham di pasar modal dengan cara trading. Cara ini bisa saja tepat untuk Anda, bisa saja tidak, tapi Anda patut mempertimbangkannya.

Sekuritas Beraplikasi Stabil

Kalau Anda ingin main saham harian, maka cara pertama adalah memilih sekuritas dengan aplikasi mobile, atau yang berbasis komputer yang stabil. Artinya tidak banyak hang, atau tidak banyak reparasi.

Kalau rekomendasi kami intinya cari yang memiliki banyak user anak millenial. Karena rata-rata trading. Maka aplikasi yang dimiliki pastilah stabil. Ini tips main saham harian yang pertama. Bisa dipilih seperti Mirae, BNI, Mandiri, atau apa saja. 

Hal ini mengingat main saham harian akan membutuhkan kecepatan transaksi dalam jangka waktu detik. Maka siapa yang lebih cepat akan lebih baik. Contoh saya memiliki pengalaman antara Stockbit dan Bions milik BNI memiliki perbedaan waktu perubahan. 

Jadi misalkan di Stockbit saham KAEF sudah naik lima poin, BIONS selisih tiga puluh detik. Selisih itu bisa dimanfaatkan lohhh. Lama-lama Anda akan tahu celahnya. 

Jaringan Internet Super kencang

Satu lagi selain memilih aplikasi yang stabil, yaitu internet kencang. Tips main saham harian agar sukses haruslah memiliki internet yang kencang. Jangan yang ngadat. Ini taruhannya adalah uang Anda.

Karena kita akan bertransaksi setiap hari, maka selisih dua persen menjadi aspek yang fundamental. Dan hal ini terjadi pada hitungan detik. Kalau ketika akan menjual ternyata internetnya ngadat, Anda sudah menemukan harganya turun kembali.

Contoh di hp kami, kalau sudah transaksi pasti menggunakan telkomsel. Kami anggap paling stabil, walaupun memang biayanya lebih mahal. Tapi kami khawatir kehilangan momentum. Inilah tips main saham harian yang perlu diperhatikan.

Kuasai Analisa Teknikal

Jika kita ingin benar-benar bermain saham harian, maka analisa fundamental tidak menjadi dominan. Lebih banyak adalah analisa teknikal. Kalau belum tahu keduanya, bisa dibaca perbedaan dua analisa tersebut di sini.

Analisa teknikal adalah alat untuk menganalisa psikilogi pasar dari jumlah dan pola transaksi yang berbentuk grafik-grafik. Sehingga memunculkan indikator apakah layak beli atau layak jual atau dipegang dalam jangka waktu yang tidak sebentar.

Kami sendiri tidak menguasai analisa teknikal karena lebih berkiblat kepada fundamental. Namun jika Anda ingin transaksi saham harian, maka harus menguasai analisa tersebut. Mulai dari MACD, atau Moving Average dan lain sebagainya. Kunci kita bisa meraih untung transaksi harian di analisa ini. 

Dua Layar Utama

Nah karena Anda harus menguasai analisa teknikal untuk transaksi harian, maka gunakan dua monitor untuk memantau pergerakan harga. Bisa monitor satu dengan komputer untuk analisa teknikal. 

Bisa satu lagi adalah untuk menentukan transaksi jual beli. Intinya jangan sampai hanya punya satu layar untuk memantau. Ingat transaksi saham harian sangat mementingkan selisih walau hanya sebatas dua poin. 

Mulai Dari Blue Chip

Saran kami untuk main saham harian selanjutnya adalah mulailah dari saham Blue Chip. Kalau kita perhatikan baik-baik, rata-rata yang main saham harian di bursa efek bertransaksi di saham-saham yang stabil atau lebih spesifik LQ45. Yang turunnya bukan seperti saham gorengan.

Jika Anda tidak bermain di saham Blue Chip maka risiko kehilangan dana akan sangat besar. Meskipun memang bayangan keuntungan juga cukup besar. Tapi lebih aman untuk bermain di saham blue chip saja.

Jika ingin diperlebar lagi maka pilihlah saham Kompas100, itu sudah sangat banyak. Tinggal dipilih dari seratus saham yang dimiliki. Atau menggunakan indeks lain yang tersedia di bursa efek. 

tips main saham harian

Punya Target Untung Harian

Tips main saham berikutnya adalah memiliki target keuntungan. Tantangan paling sulit adalah menahan godaan untuk take profit. Jadi perasaan pemain saham harian adalah bahwa saham itu akan terus naik. 

Jika kita ingin main saham harian jangan memakai pola ini. Ikuti indikator yang ada, atau ditetapkan ketika sudah naik 3%, atau 5% maka saya harus TP. Begitulah ketika kita main saham harian.

Karena saham tidak mungkin akan terus naik. Ada kalanya pasti turun. Maka Anda harus siap untuk mengambil untung ketika naik meskipun sedikit. Jika tidak, maka dari untung justru berbalik buntung.

Punya Target Rugi Main Saham

Nah kalau main saham harian kita juga harus siap rugi. Tidak bisa main saham harian selalu untuk. Cara main saham harian justru kita harus siap untuk rugi. Nilai kerugian itulah harus ditetapkan targetnya.

Misalkan Stop Loss di angka -2%, maka tetapkanlah angka itu sebagai standard. Jangan lebih dari itu baru stop loss, bisa buntung berlipat-lipat. Oleh sebab itu harus dijaga targetnya. Angkanya bisa ditetapkan sendiri. 

Psikologi Stabil

Cara main saham harian yang paling penting adalah psikologi kita sudah stabil. Maksudnya kita sudah terbiasa dengan yang namanya kerugian dan terbiasa dengan namanya keuntungan. Tandanya mudah.

Ketika saham naik kita bisa mengambil sikap take profit tanpa menyesal. Ketika saham turun kita bisa mengambil sikap stop loss tanpa takut. Inilah tips main saham harian yang paling penting. 

SahamHijau.com

Berapa Modal Anda

Terakhir adalah terkait modal Anda. Satu persen dari 100.000.000 tentu berbeda dengan satu persen 10.000.000. Masalahnya adalah ketika transaksi jual beli Anda akan dikenakan biaya administrasi, juga dikenakan pajak.

Nah kalau modal Anda masih sangat sedikit, untungnya hanya satu persen, bisa jadi untung dengan biaya administrasi dan pajak akan lebih besar. Sehingga ketika direalisasi ketika dikalkulasi justru rugi. Menurut kami minimal Anda memiliki 50.000.000, lebih besar lebih bagus. 

Perhatikan Keadaan IHSG

Kalau ini saran subjektif kami kalau Anda ingin main saham harian. Perhatikan iklim IHSG. Kalau sangat fluktuatif, trading harian sangat riskan. Mungkin mingguan. Tapi kalau harian sangat rawan.

Contoh di masa paska covid-19, ini iklimnya sangat berbeda dengan sebelum covid-19. Maka timbang-timbang jika ingin jual beli saham harian. Karena setiap model transaksi saham selalu mengandung risiko dan keuntungan. Lengkapnya di sini.

Related Posts

One thought on “9 Tips Main Saham Harian Agar Cuans

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *